UA-89306807-1

Manusia Itu Besaran Vektor atau Besaran Skalar?


Siang tadi aku mendapatkan satu pertanyaan unik dari Pak Sugra, dosen MK Fisika Matematika II.

‘Kalau menurut kalian, manusia itu termasuk besaran vektor atau besaran skalar?’

Nih pertanyaan, besaran vektor atau besaran skalar?’ batinku.

‘Kalau menurut saya, manusia itu besaran vektor, Pak’ jawab Ady.

‘Kenapa besaran vektor?’

‘Karena manusia mempunyai besar dan arah, Pak. Setiap manusia kanpunya arah dan tujuan hidup.’

Nah, ini jawaban besaran vektor. Serasi sama pertanyaannya.’

‘Kalau menurut saya, manusia itu bisa jadi besaran vektor bisa juga besaran skalar. Bagi saya, mereka yang duduk di warung kopi sampai tengah malam cuma hisap rokok itu masuk dalam besaran skalar. Ya… kan mereka itu cuma punya badan aja yang besar tapi tidak punya arah hidup kemana.’ Pak Sugra memberi argument.

Nih, jawaban besaran vektor banget dah. Priikiiiiiiww buat manusia skalar…

 ******
Besaran vektor adalah besaran yang memiliki besar (nilai) dan arah.
Besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki besar (nilai) saja dan TIDAK MEMILIKI ARAH.

Udah ngeh sama arah pembahasan kita sedari tadi kemana kan? Hihi…

Kukira pertanyaan Pak Sugra bakal tidak serius, seperti biasanya. Dan ternyata duarius (sangking seriusnya lho…), pertanyaan dan jawabannya sedap sekali. Seisi kelas tertawa, ada yang merasa nih kayaknya. :D

Dan, helloo kawan. Kamu sendiri udah bisa pastikan, besaran mana? Besaran vektor ataaaaaaaaau besaran skalar. Tanya hatimu yaa… hehe


"Decide upon your major definite purpose in life and then organize all your activities around it."
"Putuskan sebuah tujuan utama dalam hidup Anda, lalu jalankan kehidupan Anda sedemikian rupa sehingga segala hal / aktivitas hidup yang Anda lakukan mendukung tujuan tersebut."
- Brian Tracy

3 komentar:

  1. wuaduh, saya jadi takut. Jangan-jangan selama ini saya berpikir bahwa saya adalah besaran vektor tapi sebenarnya saya cuma besaran skalar saja? :O

    BalasHapus
  2. Hehhe, bahaya nih kalo besaran skalar. :D
    Skala berapa yah? ckck... :p

    BalasHapus

Beri jejakmu di sini yaaa... nanti saya balik ngunjung. ^0^
Salam kenal.

Google+ Followers