UA-89306807-1

Pantaskah Aku Mengeluh?

Kekasih telah pergi. Alunan musik telah mati. Kobaran api telah padam. Sumbunya pun sudah habis. Cangkir meninggalkan ampas.
Impian retak. Keinginan membuta. Habis sudah masa muda dan gairah akan cinta. Kuberanjak membuka pintu. Pantaskah aku mengeluh?

Kumandang azan telah berlalu. Langit malam ikut berkabung. Kini kuteringat satu kalimat, 'rembulan malam ini akan hilang seperti rembulan sebelumnya, kecuali kau melihatnya dengan hatimu'. Tapi tidak kulihat rembulan malam ini, sayang. Tapi, aku mendengar bisik-bisik angin. Sesekali ia bergerak memaksa menembus kain di tubuhku. Dingin. Ia masih memaksa mendekapku. Aku mulai mengerti dan membiarkannya menghiburku. Sekali lagi, dingin. Kulepaskan pelukan tangan menyerupai sayap.
1 2 3 4 5... hitungku. Hirupku mulai memaksa. Kukira, salah sendiri kenapa kau mendekat. Sejuknya. Kuulangi lagi, kurebut teman-temannya yang baru mendekat. Pelan kumulai mengerti, hirupku makin tenang. Hitungan sudah sampai 100.

Daun belimbing jatuh lebih lama dari buah. Kuambil buahnya dan memakan. Gigitan demi gigitan antarkan wajah-wajah lama, melupakan, tapi memberi kenangan menyenangkan. Walau pun itu dahulu, jiwaku bergairah mengingatnya kembali, rasa bahagia tertawa bersama, diam ketika berburu alasan, termanggu menyembunyikan masalah, isak tangis tengah malammu, atau kebodohan-kebodohan kita yang begitu tuli.

Kekasihku yang telah pergi, pergilah membawa amarahmu sejauh mungkin. Mungkin, kau bisa menitipkannya pada buih di pantai Ujong Kareng. Atau pada sumur tua belangkang rumahmu. Atau, pada angin malam. Bila ia menolak, jangan kau risaukan. Kembalikan padaku, aku sudi menampungnya selama yang kau mau.

Apakah harus mengeluh orang yang menikmati kenangan seindah ini? Pantaskah aku mengeluh?
Aku takut, keluhan merusak aroma secangkir teh hangat malam ini. Mengirupnya dan membuka lembaran buku. Aku ingin sekali menamatkan sebuah buku malam ini.

Salam sayang, untuk mereka yang telah menghilang dari hidupku. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Beri jejakmu di sini yaaa... nanti saya balik ngunjung. ^0^
Salam kenal.

Google+ Followers