UA-89306807-1

Tips Sehat di Bulan Ramadhan


Menjalankan ibadah puasa ramadhan merupakan ibadah dalam lima rukun islam. Dan saat menjalankan puasa tentu Anda tetap menginkan yang terbaik terhadap tubuh.
Nah, untuk itu saya punya kiat-kiat yang dapat kita jalankan bersama-sama agar semua dari kita tetap sehat dan puasa jadi lancar.
So, mari sama-sama dilihat, dibaca, dipahami, dan dijalankan yaa… cekidot!

1.   Jangan tinggalkan sahur
Sahur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa. Dari Abu Sa`id Al-Khudri radhiyallahu’anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Sahur itu makanan yang barakah, janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya meneguk setengah air, karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur.”

Oleh karena itu, mari jaga waktu sahur agar pahala dapat dan badan tetap sehat karena akan menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 14 jam. Supaya tubuh Anda tetap sehat, tentu Anda perlu memperhatikan konsumsi makanan untuk sahur. Sebaiknya Anda memilih makanan yang berserat dan berprotein tinggi. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis, karena dengan banyak makan makanan manis saat sahur dapat membuat Anda mudah lapar di siang hari.


Makanan manis membuat tubuh kita bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin tersebut berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh yang digunakan tubuh kita sebagai sumber energi.  Sedangkan makan makanan berserat akan membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin di keluarkan secara bertahap.

Hindari juga mengonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20%, akibatnya Anda akan merasa ngantuk pada siang hari.
Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat dari sahur? So, jangan lupa bangun sebelum imsak dan bersahur yaa…


2.   Jangan tunda berbuka
Setelah seharian berpuasa menahan lapar dan dahaga, tentu energi tubuh kita terkuras donk. Nah, untuk itu bersegeralah dalam berbuka bila sudah waktunya.

Dalam hadits Sahl bin Sa`ad dalam Ash-Shahihain bahwa Rasulullah shalallahu `alaihi wa sallam bersabda, لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ, yang artinya: “Senantiasa manusia itu dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka”.

Untuk memulihkan energi Anda kembali saat berbuka, disarankan untuk mengkonsumsi makanan berkabohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan yang manis.
Lah? Tadi katanya jangan makan yang manis-manis. #wink wink

Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa karena dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru di sini adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula. Misalnya Anda dapat mengawali buka puasa dengan kurma dan air madu. Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Dan usahakan menghindari minum es atau yang bersoda karena jenis minuman ini dapat menyebabkan sirkulasi darah Anda tidak optimal.

3.   Makanlah secara bertahap
Kebanyakan dari kita, begitu sirine dari mesjid berbunyi menandakan waktu berbuka telah tiba, tanpa ba-bi-bu lagi kita langsung menyantap habis hidangan yang telah kita siapkan. Seakan-akan sejam kemudian akan puasa lagi. Nah lho?

Namun, tahukah Anda? Kalau pola berbuka seperti di atas tidak baik untuk kesehatan. Kita berpuasa seharian, perut kita tidak terisi dan organ cerna beristirahat. Maka sebaiknya jangan langsung memaksa organ cerna kita donk, bisa kejut-kejutan dia. Haha… maksudnya jangan langsung menyantap makanan dalam jumlah besar.

Saat tiba waktu berbuka, makanlah makanan yang manis seperti kolak atau minum teh hangat. Anda bisa ambil waktu istirahat sejenak dan berwudhu` untuk shalat magrib. Dengan pola demikian dapat membantu organ cerna kita menyesuaikan diri. Setelah itu, baru deh makan makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk pauknya. Sedangkan mengkonsumsi cemilan dapat dilakukan setelah tarawih saat perut kembali membutuhkan makanan. Dengan demikian, puasa Anda sehat, ibadah lancar dan pahala dapat! Asiik kan?

4.   Jangan tinggalkan olahraga
Menjalankan ibadah puasa bukan berarti berhenti total berolahraga donk. Aktivitas fisik seperti jalan-jalan pagi yang kerap kita kenal ‘asmara shubuh’  bisa sangat membantu.

5.   Konsumsi cukup air
Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, maka konsumsilah air mineral.  Disarankan untuk minum delapan gelas air sebelum menjalankan puasa esok hari.

6.   Kendalikan emosi
Sabda Rasulullahsallalu `alaihi wa sallam, puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan nafsu.

Kalau sudah begitu, tujuan dari puasa ialah me-manage emosi, dengan bersabar atas sesuatu yang terjadi, dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah subhanallahu ta`ala. Secara psikologis, hal ini dapat mempengaruhi mental spiritual kita. Yakni dengan mengendalikan emosi dapat membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat. Sehingga semakin terasa kedekatan dengan Allah subhanahua ta`aladan membuat hati kita menjadi damai.

6 komentar:

  1. Yang terakhir itu tuh, harus bisa bener-bener tahan emosi :D

    BalasHapus
  2. Haha, yaa donk... Ada yang bilang kalo ga kuat tahan emosi bisa dengan hitung domba smpe 1000. Kudu kabur dluan emosi tuh, ampuh. hahaa
    XD

    BalasHapus
  3. memang nggak mudah ya nahan emosi ^_^

    met puasa ya :)

    BalasHapus
  4. Iya, kudu bisa kalahin setan jahat. hehe...
    Semangat melawan emosi, Ely. ^_^

    BalasHapus
  5. Biar emosinya kabur duluan, hahahha. :D

    BalasHapus

Beri jejakmu di sini yaaa... nanti saya balik ngunjung. ^0^
Salam kenal.

Google+ Followers