UA-89306807-1

Antara Takut atau Segan


Awalnya, aku sulit membedakan antara perasaan takut dan segan. Setidaknya sebelum berkenalan dengan kata segan. Aku menamainya takut. Seperti takut dimarahi ayah, takut dipukul guru, takut dipelototin paman. Pokoknya takut! Juga takut jika aku benar-benar seperti yang digambarkan dalam buku syurga dan neraka. Aku takut dibakar api neraka karena tidak shalat. Aku takut.

Kemudian, aku pun perlahan beranjak besar dan mendapati kata baru dari abang sepupuku. Saat itu kami baru pulang shalat id adha, di jalan pulang dari ziarah kubur nenek aku seperti biasa bersenda dengan saudara. Bang Bah merangkul bahuku yang jelas sangat pendek dari bahunya yang kekar tapi tidak menbuat bahuku menjadi berat karena rangkulannya. Ia mangatakan sesuatu yang baru saat itu kumengerti makna luasnya. "Bang Bah kon yoe keu Paman, tapi segan." Katanya jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Bang Bah bukan takut untuk Paman, tetapi segan. "Beda takut sama segan. Coba bayangkan. Segan itu ada rasa menghormati dan ingin tidak berkelakuan salah di hadapannya, dimana kita yang lebih muda-muda ini harus punya sopan santun sama mereka yang lebih tua"

Aku pun mengamalkan rasa segan pada tempatnya, bukan takut, tetapi segan. Baik itu berhapan dengan paman, guru, dosen, pemateri seminar yang hebat, kakak letting yang wibawa, saudara yang melindungi. Sedangkan takut, takut kalau aku jauh dari agama yang artinya bakal dekat dengan panas api neraka. Panas eey....(sponsor: ciptakan keseruan dengan mengikuti permainan dengan unit ini)

Nah, jadi pertanyaan sekarang. Kalau perasaan yang katanya nih yaa... lumrah sih... kita mempunyai perasaan takut terhadap keberadaan makhluk halus alias jin. Biasa juga nih aku terbangun tengah malam, eeh malah kagak berani ke kamar mandi. Padahal, salah apa coba kamar mandi, uda mau nampung kita-kita mandi sama pipis. Ckck... yang jelas perasaan yang masih kunamai takut, seperti di tangkap polisi, takut pulang di jalan sepi, takut gelap, takut nggak bisa bayar hutang. Noh, aku masih nyebutin takut. Bagusnya nyebutin apaa yaa? Haghag... #garuk-garuk kepala pakai tusuk gigi
Selamat beribadah. ^_^

4 komentar:

  1. remang-remang masok kemana?!!akakakak
    :p

    BalasHapus
  2. masuk ke kolong meja. -_____-
    hahaha

    BalasHapus
  3. Rencana mw nules jga ttg ini kak, eh udh keduluan rupanya. Bereh that paman dren kak.

    BalasHapus
  4. Ijin share ya mbak..

    BalasHapus

Beri jejakmu di sini yaaa... nanti saya balik ngunjung. ^0^
Salam kenal.

Google+ Followers