UA-89306807-1

Berkeluh Kesah

Kapan terakhir kali kamu mengeluh gelisah?
Kepada siapa kamu berkeluh kesah?
Bagaimana rasanya setelah mencurahkan kegundahanmu?
Tiga pertanyaan itu membuat air mata ini meuruah. Kepada siapa? Tentu kita (yang masih dianggap labil) dengan mudah menumpahkan kegundahannya pada sahabat dan pacar (bagi yang memilikinya, hehe), atau abang angkat, kakak angkat, ckck. Dulu saja, aku juga demikian. Kepada mereka yang bersahabat dengan hatiku dan hatinya, segala keluh kesah tumpah hingga hati ini lega dan masalahku perlahan tercerahkan. Tiap hari tiada jemu pertanyaan, sambut perhatian dan kepedulian atas rasa saling menyayangi begitu terasa.
Dulu saja, aku kerap mendapatkan pertanyaan demikian, 'gimana hari ini?'
Lalu cerita pun mengalir kemudian berbalik tanya, 'kalau kamu?'
Dulu saja, aku kerap mendapatkan pernyataan-pernyataan menggembirakan, 'kamu tu bisa, ayoo semangat.'
Atau, 'aaah... itu aja ngeluh. Ada orang yang lebih susah nggak mengeluh', walau dalam hati sih ngebantah gini, 'mereka nggak ngeluh memang ada cerita ke kamu?'. Tapi aku saat itu juga berpikir, ah... iya... seharusnya aku melakukan sesuatu dengan segera.
So?
Sekarang, Isni?

Entah, apa bedanya hari-hari sekarang dengan dulu. Masih sama-sama hari Senin Selasa Rabu Kamis Sabtu dan Minggu kan? Bulan juga belum nambah. Tapi... yaa sih tahun yang makin besar saja usia janinnya. Itu tandanya, usia hari-hari yang kita lalui bersama semakin menua, semakin besar, yaaap! Badanmu juga sudah gagah, kau, kau semakin manis dengan bahu yang bidang. Waw! Prestasimu juga empat jempol. Karirmu juga, alhamdulillah dimudahkanNya.
Jadi, kita telah sama-sama tumbuh besar dari segala sisi. Hmn... walau faktanya pada tubuhku tidak begitu berubah. Tapi, usia, pendidikan, tanggungjawab, masalah, dll jelas membawa kita-kita tidak lagi sama seperti dulu.
Walau kujerit sekalipun, tidak akan sama.
Walau kita telah berubah sekalipun, tidak ada alasan untuk kita saling tak bertukar kabar.
Maka, setelah sekian lama kepalaku tidak sakit. Hari ini sakit sekali, teman.
Apa kamu mau bertanya kenapa denganku hari ini tanpa kuceritakan di sini?
Kalau kamu masih dalam keadaan sibuk, aku jelas masih punya kupon pengertian. :)
Lalu timbul perasaan, ingin sekali berkeluh kesah dengan seorang teman, kemudian kamu memarahi kegundahanku dan memberi arasan disertai lelucon dalam amarah. Aku jelas telah merasakan perasaan sangat ingin ditanyai tanpa menghubungi sang teman. Tanda kutip, "taman, kita tidak lagi sama" seperti dulu membuat curahanku mengalir kepadaNya.
Akhirnya, aku dibawa waktu yang semakin menua ini untuk menerima kepahaman bahwa, aku mungkin tidak ditanyai oleh siapa-siapa, aku mungkin tidak diperhatikan dengan rasa sayang melengkapi, tapi... sungguh Allah senantiasa dekat dan tahu tanpa harus kuhubungi, aku tak perlu merasa mengangguNya walau ia mencintai seluruh semesta alam, aku tidak perlu takut atau ragu ia akan mengacuhkan rengekan manjaku. Karena Dia Maha segala Maha. Dan aku bersamaNya.
Aku pun berkeluh kesah kepadaNya hingga tidurku lelap, semoga saat kuterjaga nanti aku bertemu dengan doa-doa yang diijabahkanNya. Untukmu teman, aku mendoakan agar kita tidak sama-sama tua dalam memulai sapa, 'apa kabarmu hari ini? Sehat? Gimana kabar Mamak?'
Aku tunggu jawabanmu, teman. :)
Oya, aku tadi ketemu quotes bagus lho... lumayan buat ngobatin hati yang ingin berkeluh kesah. Hehe

2 komentar:

  1. Banyak kesamaan sepertinya kita ukh.... seringkali menuangkan senyuman kedalam riuhnya kumpulan teman, tapi ketika sendiri itu datang menyergap keluh kesah juga yang menjadi teman. Tidak bisa diungkapkan saat keramaian, maka yang paling baik mengeluhkan segala gundah di hati pada Sang Pemilik hati, tidak akan salah pasti karena hanya DIA yang paling mengerti :)


    Suka blognya, manis (^_^)/

    BalasHapus
  2. Wah, masa sih Gen... tapi tetap besyukur pastinya masih bisa merasakan nikmatnya memecahkan masalah dengan mandiri berkatNya.

    Salam ukhuwah, Gen-Q. Terimakasih, blognya masih baru nih. :)

    BalasHapus

Beri jejakmu di sini yaaa... nanti saya balik ngunjung. ^0^
Salam kenal.

Google+ Followers