UA-89306807-1

Apakabar Blogmu hari ini?

Blog adalah tempatku berlatih. Menuangkan ide di sini sudah menjadi pilihan banyak penulis. Sebagian dari mereka memilah tulisan mana yang pantas di posting dan mana yang di simpan di komputer, bahkan di kunci sampai-sampai dirinya sendiri kehilangan kunci dan bisa jadi kemakan virus. Tragis! Lebih lagi jika itu hilang tanpa jejak. Miris.

Ada banyak pengalaman selama aku ngeblog. Kali ini aku akan berbagi tentang tampilan sebuah blog.

Tampilan atau sering kita sebut dengan templete sangat mendukung kepamoran blogger itu sendiri. Selain ia betah dengan rumah yang telah ia bangun, tentu pengunjung akan meninggalkan kesan dan ingin kembali ke rumah maya kita. Bagiku, tampilan sebuah blog mencerminkan seseorang. Apakah ia akan memilih tampilan yang mainstrem atau yang biasa aja, yang imut-imut atau yang amit-amit. Namun, tampilan/templete yang cantik tidak cukup membuat pengunjung tertarik jikalau isinya kosong.

Maka langkah selanjutnya adalah mengisi blog.
Kamu boleh mengisi blogmu dengan tulisan apa saja. Mau nangis bombay, buang sampah, ngepel atau masak nasi di sana. Itu kebebasan. Tapi ingat, jauhi dari mengutip tulisan tanpa sumber. Nenek bilang itu berbahaya, ow... #ambe sapu nyapu lantai

Setelah blogmu terisi kembali lagi kepada tampilan. Ia akan menampilkan tulisanmu di sana. Kemudian setelah dunia maya mengenalmu. Tiba-tiba saja blogmu error. Adooh! Itu pedih!

Blog tersayangmu jatuh sakit, tulisanmu dilumuti dengan jamur beracun. Pengunjungmu risih, apalagi kamu mulai membenci apa yang sudah menemanimu selama ini. Bersabarlah. Itu namanya cobaan.

Ada banyak kendala dalam ngeblog. Bisa saja blogmu kena hack, atau menjadi tong sampah atas iklan-iklan pengunjung kelebihan kerjaan. Aikh! Itu sangat menyebalkan. Tampilan blogmu yang anggun dan menawan itu tiba-tiba menjadi angker. Klik sana sini tetap tak mengubah sudut pandangmu ingin segera close. Owh, itu kejenuhan. Bertahanlah. Ambil parang, tebas saja!

Memiliki blog tidak cukup dengan memiliki saja, tapi juga perlu perawatan. Kau ingin kulitmu bening tanpa pemutih, ya jangan keluar rumah jangan kena debu atau apalah itu. 

Begitupula dengan blog, blog butuh perhatian. Dia cemburuan. Ia ingin diperhatikan, ingin di sentuh. Seperti menanam padi, kau pikir padi setelah ditabur benih akan tumbuh sendiri? Tidak, padi menyukai pijakan kakimu yang berjalan-jalan diantara mereka. Mungkin kita mengira itu akan merusak akarnya, sebaliknya ia sedang merasa dicintai. Begitu pula blog, kita mengutak-atik blog tidak akan membuatnya rusak, palingan error. :D

Kalau sudah error terus murung? Mengurung? Kasihan banget.

Aku pun mengalami kejadian aneh yang bikin tampilan blogku seumak (berantakan), pasalnya aku paling tidak suka ada gadged yang aneh-aneh di rumahku. Aku pantang memasang banner atau pun iklan, mungkin kecuali itu syarat dari lomba. Tapi, kemarin blogku jatuh sakit setelah sekian lama ia tidak pernah sakit. Aku tentu sedih. Bagaimana tidak, ketika kubuka laman blog, berbagai gadged menyeramkan muncul. Aku gelabakan dibuatnya. Sampai dapur blog pun diserangnya.

Terus apa yang harus kamu lakukan jika blogmu sedang sakit? Membiarkannya? Atau berusaha mencarikannya obat sekuat tenaga?

Aku bertanya kepada beberapa teman yang kuanggap mengerti dunia blog, kepada mereka aku mendapat jawaban blogku sedang di hack. Tapi aku ragu.

Kemudian aku bertandang ke Oom Google dan menanyakan ciri-ciri blog yang terhack, dan jenis penyakit blogku tidak ada dibarisan itu. Aku hampir kehabisan cara. Jenuh dan muakpun singgah. Aku jengah. Lelah. Terlelap dan paginya seakan datang ilham. Blogku harus sembuh. Pasti ada obatnya. Pasti!

Aku kemudian memperhatikan keanehan yang muncul. Perlahan aku mencoba mendeteksi sampai akhirnya aku menemukan kalimat yang tidak bisa di klik (bukan sebuah link yang mengarah ke laman seperti penyakit yang tampil di blogku), dan aku mengecek html dari templete yang kupilih, mungkin ada kalimat aneh di sana dan harus kuhapus. Tapi aku tidak mengenali keanehan deretan kode html yang sudah dari sononya. Aku pun kembali memperhatikan keanehan yang ada dan kembali hengkang ke Oom Google dengan membawa kalimat aneh itu ke pencaharian, 'ads not this side', dan muncullah jawaban yang kucari seharian itu dan semua jawaban tersajikan dalam bahasa inggris. Aku sekali lagi harus sekuat tenaga maju teyus pantang mundur, masih nekad menyembuhkannya.

Hasilnya, ternyata penjelasan dari blog yang kutemukan itu mudah dipahami dan aku mengikuti langkahnya dan yes! Pada STEP ke 2 , blogku sembuh! Alangkah senangnya hati ini. Rasanya, lega dapat melindungi sesuatu yang melindungiku selama ini. 

So? Blogmu juga butuh perawatan, sangat! Jangan meninggalkannya sendirian, ia yang sedang menunggumu, hampiri ia. Mungkin sekedar bernolstagia dengan tulisan lawas. Ah, ada banyak kenangan dalam sebuah rumah maya itu, jika dipercayakanNya aku juga ingin membangun dan merawat rumah nyataku. #rapikan jilbab siap-siap keluar rumah

Kapan terakhir kali kamu membesuk blogmu, atau blog temanmu? Tadi pagi, barusan, kemarin, bulan lalu? Atau malah lupa alamatnya dimana karena sangking jarangnya bertandang.

Apakabar blogmu hari ini?

^0^


8 komentar:

  1. Makanya, jangan membiarkan blogmua 'bersarang laba-laba', lama-lama akan diserang virus, hehee...
    Selamat ngeblg kembali ;)

    BalasHapus
  2. Hahahhaa, siiiiiiip Kak. Mungkin ini adalah teguran. Ckckck :D

    BalasHapus
  3. nah, gini aja udah jadi postingan tulisan..
    jangan berat2 kali kalo mau nulis Isni.
    sebab semua hal bisa ditulis, pinter2 kita aja cari sudut pandang yg keren..
    selamat dtg lagiiii di dunia blogger!! hiiaattt...

    BalasHapus
  4. Tampilan emang penting. Tampilan blog yang centang prenang alias bikin sakit mata biasanya tulisannya juga bikin kening berkerut. Selamat ngeblog lagi ya...aku suka sama gaya menulismu. Cool! :)

    BalasHapus
  5. Terimakasih Citra, insyaallah makin rajin nulis. :)

    BalasHapus
  6. blogku baru saya rawat beberapa hari ini, setelah sebelumnya dia mencak-mencak menyaksikan sinyal internet putus nyambung :D

    BalasHapus
  7. Yuuk kita rawat blog, sering ngepost dan berkunjung. :)
    Trimakasih Cepy atas kunjungannya. ^^

    BalasHapus

Beri jejakmu di sini yaaa... nanti saya balik ngunjung. ^0^
Salam kenal.

Google+ Followers