UA-89306807-1

Coursera, Platform MOOCs Berstandar Internasional

Sebelumnya tentu kalian pernah mendengar yang namanya Blended Learning, bukan? Salah satu metode mengajar yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis online. Sebagian tempat belajar sudah mewajibkan pelaksanaan Blended Learning. Termasuk kampus saya Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia. Pengalaman saya belajar menggunakan metode Blended Learning ini sangat enjoy. Saya memiliki waktu yang bebas mendalami satu topik yang sedang tidak kami pelajari di dalam kelas. Tanpa terikat ruang dan waktu, pembelajaran ini pula mendorong pengajar untuk kreatif dalam mendesain rencana pembelajaran menggunakan metode Blended Learning.

No, bukan artian pengajar akan lepas tangan dalam menjalankan metode Blended Learning. Peran pengajar turut ambil adil dalam progress sebenarnya. So, tentu ada banyak cara untuk memudahkan progress tersebut. Maka dalam postingin kali ini saya akan membahas tentang salah satu platform MOOCs (Massive Open Online Courses) yang sangat easy going untuk digunakan. Platform yang saya akan bahas kali ini yaitu Coursera yang kerap dikenal juga dengan open course atau kuliah online bermitrakan 140 lebih universitas terkemuka dan organisasi pendidikan di dunia. Tentunya Anda harus tersambung dengan jaringan internet untuk dapat berselancar di situs berstandar internasional ini. 

So, bagaimana sih untuk bisa ikutan kuliah online ini? 
Anda cukup membukas situs coursera.org hingga muncul tampilan seperti berikut ini lalu klik Sign Up untuk Anda yang belum terdaftar dalam situs tersebut.

Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mendaftar menggunakan akun facebook atau email. Kalau saya terdaftar dikeduanya. Awalnya karena iseng mau sekedar memuaskan rasa ingin tahu asal login aja dengan facebook. Begitu melihat mata kuliah yang ditawarkan dengan teori yang bermutu banget langsung aja saya daftar lagi dengan email. Apa sih untungnya mendaftar dengan email? Kelebihannya Anda akan dikabari mata kuliah terbaru yang kece-kece banget. So biar kagak ketinggalan saya sarankan Anda mendaftar dengan email aja deh. 

Jika sudah, maka Anda saya sarankan untuk langsung lirik-lirik katalog sesuai dengan pendidikan yang sedang Anda geluti. Seperti gambar berikut ini beberapa tawaran ruang lingkup pendidikan yang disajikan oleh Coursera.



Misalnya saya tertarik untuk belajar tentang perkembangan IT maka saya akan klik Computer Science. Hitungan detik Anda akan ditawarkan dengan berbagai mata kuliah online dari berbagai kampus ternama di dunia yang bekerjasama dengan Coursera. Seperti saya yang tertarik dengan mata kuliah 'The Arduino Platform and C Programming' langsung saja klik dan enroll now. 


Beberapa kelas yang ditawarkan adalah gratis, namun juga ada yang berbayar. Jadi silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Khusus kelas yang saya pilih ini saya diberi tiga pilihan selain gratis, seperti ditunjukkan gambar berikut. Namun saya memilih Audit Only dimana saya berkesempatan akses semua materi yang diberikan, ikut kuis dan terlibat diskusi namun tidak dengan kalkulasi nilai bahkan sertifikat. Nah inilah salah satu kelebihan Coursera, tempat kuliah online yang menyediakan sertifikat resmi yang dapat Anda bawa sertakan dalam ijazah jika ingin melanjutkan pendidikan. Jika Anda sudah ambil kelas online dan mendapatkan sertifikat kelulusan, Anda dapat lanjut belajar tanpa perlu ikut kelas untuk mata kuliah tersebut. Menarik bukan?

Jika sudah, maka Anda akan diberikan silabus pembelajaran untuk beberapa kali pertemuan selama menamatkan mata kuliah ini. Jika Anda telah bersiap untuk ikut kelas, seperti keseharian sudah dengan baju rapi dan mencangklongkan tas. Anda dapat klik Enroll pada laman sisi kanan dan selamat belajar!


Oya, yang menariknya belajar di Coursera ini Anda serasa berkesempatan masuk kelas kampus-kampus ternama di dunia. Seperti yang saya sedang enroll ini merupakan dari University of California. Menarik sekali bukan. So, tunggu apa lagi. Buruan enroll guys karena selain materi yang diberikan dalam kuliah online beruba ebook juga disertai dengan video pembelajaran. Yaps, belajar di kamar sambil guling-guling ngunyah keripik jadi terasa menyenangkan. Semangat belajar guys! Eps satu lagi, bagikan info ini karena semuanya adalah ilmu. Terima kasih. :)

4 komentar:

  1. Saya sudah subscribe di sini. Menarik sekali banyak ilmu dan keahlian yang bisa kita ikuti kursusnya. Sejujurnya baru ikut sekali kursusnya, tapi belum bisa fokus. Jadi termotivasi lagi, nih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut sampai selesai perlu komitmen yang kuat. Ikut lagi aja, Bang Azhar. :)

      Hapus
  2. Kalau aslan yang pernah di edx.org kak dan memang nyari yang course gratis hehe. Tapi keren banget ya UPSI Malaysia udah pake coursera ini. Semoga kampus di Aceh juga bisa mengikuti jejaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. edX juga pernah dijadikan tugas blended learning selain coursera. InsyaAllah perlahan coba diterapin di Aceh, Aslan. :)

      Hapus

Beri jejakmu di sini yaaa... nanti saya balik ngunjung. ^0^
Salam kenal.

Google+ Followers